Jadi Tuan Asian Games 2018, Ahok: Kami Ketiban Pulung

Written By Unknown on Senin, 06 Oktober 2014 | 12.41

TRIBUNNEWSBATAM.COM, JAKARTA — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kembali mengatakan bahwa pihaknya hanya "ketiban pulung" (dapat keuntungan) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018. 

"Pertama, tentu kami berterima kasih karena kembali kami ketiban pulung," kata Basuki, di Balaikota, Senin (6/10/2014). 

Semula, Dewan Olimpiade Asia (OCA) menetapkan Vietnam sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 pada 2019, tetapi mengundurkan diri karena krisis ekonomi. Kemudian, pihak Indonesia menyampaikan kepada OCA bahwa jika terpilih menjadi tuan rumah Asian Games, waktu penyelenggaraannya harus setahun lebih awal dari jadwal semula, yakni 2018, karena pada 2019 ada pemilu presiden‎. OCA pun menyetujui Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018, yakni Jakarta, Bandung, dan Palembang.

"Kasarnya (penetapan tuan rumah Asian Games) itu karena kebaikan hati Vietnam mundur dan Sekda menyatakan Jakarta lebih siap dibanding kota lainnya," kata Basuki. 

Penyelenggaraan Asian Games 2018 itu, lanjut dia, jadi ajang promosi Jakarta kepada dunia. Sebab, penyelenggaraan Asian Games terakhir kalinya terselenggara pada tahun 1962. Ia pun bakal lebih mendorong pihak swasta untuk membangun infrastruktur di Jakarta. 

"(Asian Games) jadi ajang memperkenalkan Jakarta ke dunia, kami lebih banyak dorong swasta daripada menggunakan APBD sendiri‎. Karena di Korea juga begitu, lebih banyak swasta yang berperan dalam infrastruktur untuk Asian Games," kata Basuki. 

Basuki melakukan kunjungan ke Incheon, Korea Selatan, pada Kamis (2/10/2014) malam lalu. Kunjungannya ke Incheon adalah untuk menghadiri upacara penutupan Asian Games 2014 dan serah terima bendera tuan rumah Asian Games‎ XVII. Simbol tersebut diserahkan dari perwakilan Korea Selatan kepada Presiden Dewan Olimpiade Asia Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah, yang kemudian menyerahkan kembali simbol-simbol itu kepada perwakilan Indonesia.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menerima obor Asian Games. Adapun Basuki menerima bendera Asian Games I (New Delhi, 1951) dan Ketua Komite Olahraga Indonesia Rita Subowo menerima simbol terakhir, yakni bendera Asian Games.


Anda sedang membaca artikel tentang

Jadi Tuan Asian Games 2018, Ahok: Kami Ketiban Pulung

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/10/jadi-tuan-asian-games-2018-ahok-kami.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jadi Tuan Asian Games 2018, Ahok: Kami Ketiban Pulung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jadi Tuan Asian Games 2018, Ahok: Kami Ketiban Pulung

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger