Ini Rincian Dugaan Korupsi KPU Kepri 2010 Versi Kejari Tanjungpinang

Written By Unknown on Jumat, 27 Februari 2015 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Aprizal

TRIBUNNEWSBATAM.COM, TANJUNGPINANG-Kepala Kejaksaan Negri (Kejari) Tanjungpinang, Heri Ahmad Pribadi memaparkan rincian dugaan korupsi dana hibah Pemrov Kepri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2010 lalu.

Ditemui di Kejari Tanjungpinang, Kamis (26/2/2015) Heri mengatakan dana hibah pemerintah Provinsi Kepri ke KPU Kepri tahun 2010 senilai Rp 10,3 miliar.

Dalam pelaksaan audit rutin BPK, jelas Heri, sebanyak Rp 1,3 miliar tidak bisa dipertangungjawabkan. Namun dalam perjalanan waktu, pihak bendahara dan sekretaris melengkapi laporan pertangungjawaban dana hibah yang dipergunakan.

"Makanya setelah dilakukan penyelidikan dan di tingkat penyidikan, penyidik kembali meminta BPK melakukan audit ulang untuk mencari nilai ril kerugian negara. Proses di penyidikan, tentu penyidik telah mempunyai data mengenai dana hibah yang tidak bisa dipertangungjawabkan. Ada beberapa kegiatan fiktif, dari data fiktif itu lah kita minta lagi BPK mengauditnya. Memang membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi akhirnya BPK menemukan nilai ril kerugian negara,"ungkap Heri.

Dari data fiktif yang diserahkan penyidik ke BPK, kata Heri, ditemukan kerugian negara sekitar Rp 400 juta. Memang jauh dari temuan awal BPK, namun penyidik Kejari juga mempunyai hitungan sendiri dalam menghitung nilai kerugian negara. Dari hitungan penyidik, dari beberapa kegiatan fiktif itu terdapat sekitar Rp 800 juta dana hibah yang tidak bisa dipertangungjawabkan.

"Memang ada selisih penghitungan nilai ril kerugian negara, tapi kami tetap berpatokan kepada hitungan awal BPK. Hari ini (kemarin, red) kedua tersangka sudah di tahan, berkas secepatnya dilimpahkan ke pengadilan. Tapi yang jelas, penyelidikan dan penyidikan tidak berhenti disini saja. Kalau memang ada ditemukan keterlibatan pihak terkait, tentu akan ditindaklanjuti,"tegas Heri.


Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Rincian Dugaan Korupsi KPU Kepri 2010 Versi Kejari Tanjungpinang

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2015/02/ini-rincian-dugaan-korupsi-kpu-kepri.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Rincian Dugaan Korupsi KPU Kepri 2010 Versi Kejari Tanjungpinang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Rincian Dugaan Korupsi KPU Kepri 2010 Versi Kejari Tanjungpinang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger