Anambas Punya Komoditi Buah Pala yang Melimpah

Written By Unknown on Kamis, 12 Maret 2015 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, SM Rohman

TRIBUNNEWSBATAM.COM, ANAMBAS- Tidak hanya cengkeh, wilayah Anambas, Kepulauan Riau (Kepri) memiliki potensi komoditas lain rempah-rempah  yakni buah pala.

Buah pala banyak tumbuh di Pulau Siantan dan Jemaja, serta beberapa pulau-pulau lainnya yang ada di Anambas

Menurut Sekretaris Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Kepulauan Anambas Agus Supratman, harga buah pala yang telah dikeringkan bisa mencapai Rp 120 ribu per kilogram.

Dari penelusuran yang dilakukan pihaknya, pohon pala bahkan sudah ada yang telah berumur lebih dari 40 tahun serta berpotensi untuk menjadi pembibitan untuk dapat dikembangkan masyarakat.

"Potensinya luar biasa dan cukup menjanjikan. Pohon pala yang ada, khususnya yang telah berumur lebih dari 40 tahun tadi, bisa dijadikan untuk pembibitan, sehingga masyarakat tidak kesulitan untuk mencari bibit. Dengan kurun waktu lebih kurang selama empat tahun, sudah bisa dipanen," ungkapnya.

Distanhut Anambas pun tengah menyosialisasikan untuk menjadikan buah pala ini menjadi salah satu komoditi utama selain cengkeh di Anambas.

"Buah pala ini bisa menjadi komoditi selain cengkeh. Empat tahun sudah bisa untuk dipanen," terangnya.

Potensi mengenai buah pala ini pun, sebelumnya sempat disampaikan oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Tengku Mukhtaruddin.

"Rupanya Anambas ini selain cengkeh punya potensi buah pala. Hanya saja belum diperhatikan dengan baik. Ini yang tengah kita upayakan agar menjadi komoditi yang diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat," tutupnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Anambas Punya Komoditi Buah Pala yang Melimpah

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2015/03/anambas-punya-komoditi-buah-pala-yang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Anambas Punya Komoditi Buah Pala yang Melimpah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Anambas Punya Komoditi Buah Pala yang Melimpah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger