Dahlan Minta Bufferzone Jangan Diganggu

Written By Unknown on Minggu, 05 April 2015 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam Anne Maria

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Wali Kota Batam melarang keras masyarakat, maupun oknum tertentu mengganggu kawasan bufferzone. Gangguan yang dimaksud Ahmad Dahlan, seperti berdirinya bangunan-bangunan semi permanen hingga permanen yang ada di bufferzone. Hal itu, menurut Dahlan berpotensi membuat kemacetan di Kota Batam.

Dahlan menyatakan, untuk mengurai kemacetan yang mulai terlihat di jam-jam tertentu di beberapa titik kawasan Batam, ia memerlukan tiga kebijakan transportasi. Ketiganya yakni, memperbanyak kendaraan umum, membuat jembatan layang di beberapa titik macet, dan ketiga membangun monorel. Untuk mendorong ketiganya, pemerintah selain memerlukan anggaran, juga perlu siteplan yang matang, khususnya penentuan lokasi.

"Makanya jangan diganggu bufferzone itu. Kalau diganggu habislah Batam ini. Sebenarnya perencanaan pembangunan Batam ini sudah bagus, tapi implementasinya yang agak melenceng," ujar Dahlan.

Dahlan menuturkan, beberapa kawasan memang sengaja dipersiapkan dengan lahan kosong yang besar di pinggir maupun tengah jalan. Namun, lahan kosong itu sudah dipersiapkan untuk tata rencana pembangunan.

"Jembatan layang ada juga beberapa underpass itu sudah ada dalam perencanaan. Makanya ada di beberapa titik jalan, yang disediakan lahannya lebar-lebar. Itu untuk memperlebar jalan, membuat jalur jembatan layang, bahkan untuk membuat jalur monorel," tuturnya.

Mengenai upaya memperbanyak kendaraan umum, Dahlan mengatakan pihaknya telah menerima 15 bus dari pemerintah pusat untuk pekerja. Akan ada tambahan 60 bus lagi yang rencananya diberikan pemerintah pusat selama lima tahun.

"'Kita sudah menerima 15 bus untuk pekerja. Tapi nggak mesti semua bus itu untuk pekerja, kita bisa berikan pekerja harga khusus," ucap Dahlan.

Bus bantuan tersebut, menurutnya dapat digunakan sebagai tambahan bus trans Batam yang sudah ada saat ini. Dengan demikian, masyarakat akan semakin nyaman naik transportasi umum. Jika lebih banyak masyarakat menggunakan transportasi umum, ia yakin dapat mengatasi kemacetan yang ada saat ini.


Anda sedang membaca artikel tentang

Dahlan Minta Bufferzone Jangan Diganggu

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2015/04/dahlan-minta-bufferzone-jangan-diganggu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dahlan Minta Bufferzone Jangan Diganggu

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dahlan Minta Bufferzone Jangan Diganggu

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger