Angie Minta Jatah 5 Persen dari Setiap Proyek

Written By Unknown on Jumat, 12 Oktober 2012 | 12.41

Tribun Batam - Jumat, 12 Oktober 2012 01:35 WIB

TRIBUNNEWSBATAM.COM- Mantan Direktur Marketing Permai Grup Mindo Rosalina Manullang mengaku pernah menggiring proyek di beberapa kementerian lain selain Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). Proyek-proyek tersebut berhasil didapatkannya, atas bantuan sejumlah anggota DPR yang tersebar di banyak komisi.

Kedekatan PT Pemai Group dengan anggota DPR karena M Nazaruddin selaku pemilik perusahaan adalah politisi kelas tinggi. Dia Bendahara Umum DPP Partai Demokrat, dan duduk di Komisi III DPR RI. Ketua Umum DPP Partai Demorkat Anas Urbaningrum pun sempat memiliki saham di grup perusahaan ini.

"Antara lain proyek di Departemen Kesehatan dalam pengadaan di beberapa rumah sakit, Departemen Perhubungan, Kementerian Agama dalam pengadaan alat laboratorium di MTs," kata Rosa saat bersaksi untuk Angelina Sondakh di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (11/10).

Kedekatan dengan DPR itulah yang membuat Permai Group unggul dari 10 perusahaan pesaing yang juga berlaku nakal dalam mendapatkan proyek. Walau demikian, Rosa tidak berani menjuluki anggota DPR sebagai makelar proyek.  "Saya tidak berani yang mulia," kata Rosa menjawab hakim.

Imbalan atas peran anggota DPR menggiring dan mengawal proyek sehingga jatuh kepada PT Permai Group adalah komisi atau commitment fee sebesar 5 persen dari nilai proyek.

Angelina Sondakh bahkan sudah menerima sebagian fee lima persen dari total anggaran proyek Rp 610 miliar. "Ibu (Angelina) waktu itu bilang teman-teman (di DPR) pasarannya tujuh (persen), tapi karena dia teman pak Nazaruddin tidak apa-apa dapat lima persen," kata Rosa.

Rosa menegaskan, saat pembahasan anggaran proyek di Komisi X DPR, Permai Grup sudah menyetor uang itu setengahnya dari total lima persen secara bertahap. Ditambah fee penggiringan proyek sebelumnya, Angie, imbuhnya sudah menerima Rp 15 miliar pada Maret 2010 sampai November 2011. "Di catatan saya, ada sekitar 15 miliar untuk proyek universitas," kata Rosa. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Angie Minta Jatah 5 Persen dari Setiap Proyek

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2012/10/angie-minta-jatah-5-persen-dari-setiap.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Angie Minta Jatah 5 Persen dari Setiap Proyek

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Angie Minta Jatah 5 Persen dari Setiap Proyek

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger