Malaysia Makin Ketat Merazia TKI

Written By Unknown on Sabtu, 13 Oktober 2012 | 12.41

Tribun Batam - Sabtu, 13 Oktober 2012 01:08 WIB

Laporan Tribunnews Batam, Dedy/Ikhsan/Thomy

TRIBUNNEWSBATAM.COM- Dari data yang diperolehnya dari Satgas TKI bermasalah, Surya dan Firman merupakan 2 dari 304 TKI bermasalah yang hendak dipulangkan. Jumlah itu terdiri dari 190 TKI pria, 106 TKI wanita serta 8 orang anak dan bayi.

Sikap para TKI yang menolak dipulangkan sebenarnya bukan hanya diketahui dari kenekatan dua orang ini. Menurut Afri, pendamping TKI itu, mereka juga sempat merasakan itu sebelum kapal berangkat. Saat itu sempat terjadi dua orang wanita yang berusaha kabur dan mencoba memisahkan diri dari rombongan TKI lainnya. "Tapi kami bisa mencarinya. Dan membawa mereka lagi ke atas kapal untuk dipulangkan," tukas Afri.

Pemulangan para TKI itu sendiri beragam alasan. Namun yang terbanyak karena masalah izin tinggal dan izin kerja. Diperoleh informasi dari sejumlah TKI yang kini pulang ke Batam, suasana di Malaysia memang menghangat pasca kejadian penembakan terhadap empat WNI yang dituding terlibat permpokan beberapa pekan lalu.

Saat ini aparat di Malaysia gencar melakukan razia terhadap orang asing, baik yang berada di perkotaan maupun di perkebunan-perkebunan. "Polisi di Malaysia kerap menyamar dan memantau tempat-tempat usaha. Jika mereka mempekerjakan TKI maka segera dilakukan pengecekan. Kalau tertangkap sedang bekerja tanpa permit resmi, langsung ditangkap," ujar Mini, warga Batam yang baru empat hari pulang dari Malaysia.

Diakui, keberadaan TKI di Malaysia mencapai ribuan. Umumnya mereka masuk melalui pelabuhan-pelabuhan tak resmi karena dibawa para tekong. Namun tak sedikit pula yang masuk melalui pelabuhan resmi dan tinggal di Malaysia karena ada sistem garansi. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Malaysia Makin Ketat Merazia TKI

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2012/10/malaysia-makin-ketat-merazia-tki.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Malaysia Makin Ketat Merazia TKI

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Malaysia Makin Ketat Merazia TKI

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger