Gamawan Minta Gubernur Copot Azirwan

Written By Unknown on Jumat, 19 Oktober 2012 | 12.41

Tribun Batam - Jumat, 19 Oktober 2012 00:02 WIB

TRIBUNNEWSBATAM.COM- Dilema pengangkatan Azirwan mantan narapidana korupsi menjadi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan disorot oleh Jakarta. Mendagri Gamawan Fauzi meminta kepada Gubernur untuk membatalkan pengangkatan Azirwan sebagai Kepala DKP.

"Saya sudah bicara dengan Gubernur Kepulauan Riau. Saya juga sudah sampaikan agar pengangkatan Azirwan sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Riau dibatalkan," ujar Gamawan Fauzi, Rabu kemarin.

Gamawan ketika berkunjung ke Batam dalam acara pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional 11 Oktober silam mengaku kaget ketika wartawan menanyakan kepadanya terkait pengangkatan mantan narapidana korupsi menjadi pejabat atau kepala dinas. Waktu itu Gamawan menjawab akan langsung menanyakan kepada Gubernur HM Sani secepatnya.

Sedangkan Menpan dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar menyerahkan masalah pengangkatan Azirwan ini kepada kewenangan Gubernur Kepri sepenuhnya. 

Diketahui, Azirwan mendapat vonis 2 tahun 6 bulan dan denda Rp 100 juta subsider 3 bulan kurungan penjara dalam kasus suap alih fungsi hutan lindung di Pulau Bintan. Azirwan divonis tanggal 1 September 2008 dan bebas tahun 2010. Setelah bebas Azirwan yang mantan Sekda Kabupaten Bintan diangkat jadi staf ahli Bupati Ansar Ahmad.

Kemudian pertengahan 2012 Azirwan diangkat oleh Gubernur Kepri HM Sani menjadi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri. Tiga bulan kemudian pengangkatan itu menuai berbagai tanggapan. Dan puncaknya Oktober 2012 ini reaksi berbagai kalangan menanggapi masalah itu. Para mahasiswa dan aktivis pun meminta Gubernur mencopot Azirwan dari jabatannya. 

Bahkan disinyalir gara-gara hal ini, hubungan HM Sani sebagai Gubernur dengan HM Soerya Respationo selaku Wagub merenggang. HM Soerya pun berencana mengundurkan diri dari jabatannya selaku Wagub. Keinginan itu ditanggapi oleh Ketua DPRD Kepri Nur Syafriadi dan memanggil Wagub untuk klarifikasi. Nur minta Soerya urungkan niatnya untuk mundur dari jabatan Wagub.

Sekdaprov Kepri Suhajar Diantoro yang juga Ketua Baperjakat mengikuti kata Gubernur meminta waktu dua hari untuk menjelaskan hal ini. Apakah akan membatalkan pengangkatan Azirwan atau ada solusi lainnya dalam waktu dekat ini. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Gamawan Minta Gubernur Copot Azirwan

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2012/10/gamawan-minta-gubernur-copot-azirwan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gamawan Minta Gubernur Copot Azirwan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gamawan Minta Gubernur Copot Azirwan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger