Penjualan Sepeda Motor Turun 14 Persen

Written By Unknown on Kamis, 18 Oktober 2012 | 12.41

Tribun Batam - Rabu, 17 Oktober 2012 23:35 WIB

TRIBUNNEWSBATAM.COM- Sepanjang Januari hingga September 2012 penjualan sepeda motor mencapai 5,33 juta unit atau turun 14 persen dibanding periode yang sama tahun 2011. Otomatis pembiayaan ikut melemah dan berimbas pada mengecilnya pendapatan perusahaan.

Otomatis target multifinance untuk mendongkrak pertumbuhan laba pun mengalami kesulitan terutama multifinance yang mengandalkan pembiayaan sepeda motor baru.

Sebut saja Adira Finance yang menyalurkan pembiayaan hingga September mencapai Rp 24,4 triliun masih tumbuh 1,2 persen dibanding tahun lalu. Selain faktor kebijakan uang muka, lambatnya pertumbuhan pembiayaan juga karena daya beli masyarakat sedang rendah.

Harga komoditas yang terus turun membuat beberapa daerah di Indonesia seperti di Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera berdampak pada income masyarakat. "Akibatnya debitur menunda untuk membeli sepeda motor," terang I Dewa Made Susila Direktur Keuangan Adira Finance, Selasa (16/10).

Faktor lain, ketersediaan sepeda motor di dealer untuk merek tertentu juga menipis. "Ada model baru yang sedang digemari tapi karena stoknya terbatas sehingga harus menunggu," lanjut Dewa.

Djaja Sutandar, Dirut WOM Finance juga mengakui perlambatan bisnis walau enggan merinci penurunannya.  Pembiayaan per September 2012 turun 2% dibandingkan Agustus.  

Namun, manajemen perusahaan multifinance juga sudah mempunyai cara mengatasi perlambatan bisnis. Di Adira Finance, manajemen bakal memperbesar pembiayaan mobil karena permintaannya cenderung stabil dan meningkat.  Saat ini porsi pembiayaan mobil baru 40 persen dan akan meningkat jadi 50 persen.

WOM Finance, manajemen mulai diversifikasi pembiayaan ke sepeda motor sport dan mewah. Pasar mobil ini memang sedikit, tapi permintaannya cenderung naik karena banyaknya produk baru.  (kontan)

Catatan saja, perlambatan bisnis multifinance sudah terlihat sejak akhir semester I 2012. Pada periode tersebut, Adira Finance hanya mendapatkan laba Rp 750 miliar, turun 1,2% dibanding periode sama tahun lalu. Sementara, Mandala Finance hanya mendapatkan laba Rp 98,3 miliar, cuma naik 2%.  (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Penjualan Sepeda Motor Turun 14 Persen

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2012/10/penjualan-sepeda-motor-turun-14-persen.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penjualan Sepeda Motor Turun 14 Persen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penjualan Sepeda Motor Turun 14 Persen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger