Dinkes Anambas Akan Tingkatkan Kualitas dan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Written By Unknown on Sabtu, 02 Maret 2013 | 12.41

Tribun Batam - Sabtu, 2 Maret 2013 12:00 WIB


Laporan Tribun Batam, Iman Suryanto

TRIBUNBATAM, ANAMBAS

- Guna merencanakan berbagai kegiatan dan program di bidang kesehatan beberapa tahun kedepan , Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) melaksanakan rapat koordinasi (rakor) penyelenggaraan program dan kegiatan di lingkungan instansi mereka.

Rakor yang merupakan langkah awal sekaligus masukkan dalam penyusunan rencana kerja dan bahan di Musrenbang tingkat Kabupaten tersebut dilaksanakan selama dua hari di ruang pertemuan Hotel Anambas Inn, Tarempa, Anambas, Jumat(1/3) pagi.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Anambas, Abdul Haris dan beberapa narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepri.

Dalam pemaparannnya, Said Damrie, Kepala Dinas Kesehatan KKA mengungkapkan diperlukan berbagai upaya strategis dan terintegritas agar bisa mengatasi berbagai masalahan kesehatan masyarakat, terutama dalam konteks upaya preventif dan promotif. Serta tetap memperhatikan upaya kuratif dan rehabilitatif.

"Upaya strategis dan teritegratis tersebut dimulai dengan memperbaiki perencanaan secara terpadu dan berkesinambungan. Serta penempatan dan distribusi tenaga kesehatan sesuai dengan kebutuhan dan kualitas, sehingga bisa menjamin terpenuhinya ketersedian akan jumlah, mutu dan distribusi obat-obtan hingga peralatan media dan non medis yang sesuai dengan kebutuhan," ungkapnya.

Ia pun menargetkan pada tahun 2013, pihaknya beserta jajaran dibawahnya seperti puskesmas, puskesmas pembantu, polides hingga rumah sakit lapangan dan rumah sakit bergerak harus bisa melaksanakan program dan kegiatan yang telah tertuang dalam Daftar Pengisian Anggaran (DPA) Tahun 2013, baik yang bersumber dari APBD Kabupaten hingga APBN.

"Namun secara umumnya, kegiatan ini guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat menuju Kabupaten Kepulauan Anambas Sehat pada 2020 mendtang," terangnya.

Menanggapi adanya Rakor Dinkes tersebut, Wakil Bupati Kepulauan Anambas, menyambut baik adanya rakor tersebut, terlebih lagi dinkes anambas mengemban tugas yang cukup besar dan berat yakni Mewujudkan Masyarakat Anambas yang sehat pada tahun 2020 mendatang.

"Untuk itu, kami dari pemerintah daerah berusah mensuppor dalam memperbaiki beberapa kekurangan yang ada, Baik dari segi pelayanan maupun dari segi infrastruktur dan tenaga medisnya,"terangnya.

Oleh karena itu, tambahnya, Pemerintah Daerah berencana nantinya disetiap desa ada "dokter keluarga" yang sesuai dengan keinginan masyarakat. Dan itu sebagai salah satu cara dalam memberikan pelayanan yang cukup optimal kepada masyarakat.

"Dan jika nantinya program dan kegiatan yang dilakaukan dalam rakor ini sukses, saya yakin dan percaya pelayanan kesehatan bisa kita lakukan secara baik kepada masyarakat. Terlbih lagi jika faktor pendukungnya sudah ada, saya rasa tidak ada alasan lagi bagi para tenaga medis untuk tidak memberikan pelayanan," ungkapnya.

Rumah Sakit Tipe C akan di Bangun

Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris mengungkapkan, pihaknya saat ini telah mengupayakan untuk membangun ataupun meningkatkan sebuah puskesmas bertipe D menjadi sebuah, rumah sakit yang memiliki kategori tipe C di Tarempa, Anambas.

"Hal ini sudah sangat penting dan harus sesegera mungkin dilakukan guna memberikan pelayanan yang terbaik masyarakat. Artinya kita melihat, kapasitas dan integriti penduduk serta tindakan-tindakan penyakit, yang ada dan dirasakan oleh masyarakat cukup banyak. Maka itu kita harus sesegera mungkin meningkatkan puskesmas yang ada untu naik level Lebih tinggi," terangnya.

Selain itu yang menjadi faktor penting adalah letak geografi anambas yang beda dengan kota-kota lainnya, yang mengharuskan kita untuk membuat hal tersebut.


Anda sedang membaca artikel tentang

Dinkes Anambas Akan Tingkatkan Kualitas dan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/03/dinkes-anambas-akan-tingkatkan-kualitas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dinkes Anambas Akan Tingkatkan Kualitas dan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dinkes Anambas Akan Tingkatkan Kualitas dan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger