Weekend Kunjungi Warga di Dua Desa

Written By Unknown on Senin, 25 Maret 2013 | 12.41

Tribun Batam - Senin, 25 Maret 2013 09:15 WIB


Laporan Tribun Batam, Iman Suryanto

TRIBUNBATAM, ANAMBAS

- Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris, bersama beberapa kepala dinas dan badan melakukan kunjungan kerja (kunker) yang dikemas dalam bentuk silahturahmi disela-sela akhir pekan ke dua pulau sekaligus, yakni Pulau Nyamuk dan Pulau Munjan yang terletak di Kecamatan Siantan, Minggu (24/3/3013).

Dalam kunjungan serius namun santai (Sersan) tersebut, Wabup bersama rombongan juga melihat dari dekat beberapa program pembangunan yang sudah dilaksanakan di beberapa desa di KKA. Ikut dalam rombongan tersebut Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Yendi, Kepala Kesbangpol, Baharuddin Thalip, Sekretaris Dinas Kesehatan, La'ode serta staf lainnya.

"Kunjungan ini, sengaja kita lakukan guna melihat dari dekat apa-apa saja yang sudah di hasilkan dan dibuat, sekaligus mendengarkan secara langsung berbagai permasalahan yang ada. mulai dari permasalahan listrik, hingga perbaikan dan semenisasi jalan," terang Wabup ke Tribun.

Namun hal yang paling sangat mendasar bagi masyarakat di pedesaan adalah masih minimnya jaringan dan jangkauan komunukasi, sehingga sangat menyulitkan warga setempat dalam hal berhubungan dengan daerah lainnya.

"Kondisi pertumbuhan pembangunan di daerah ini sudah semakin membaik dibandingkan beberapa waktu sebelumnya. Namun kedepan kita harapkan dapat lebih baik lagi, terutama masalah listrik, air dan jaringan telekomunikasi," ujarnya di hadapan warga di dua desa tersebut.

Untuk itu, pihaknya menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, akan terus berusaha memberikan yang terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat. Terutama dalam bidang pembangunan di masing-masing desa, melalui penguncuran dana APBD sebesar Rp3 miliar pertahun serta Rp5 mliar untuk masing-masing kecamatan.

"Setiap tahun kita terus kuncurkan dana anggaran untuk menambah pembangunan di masing-masing desa. Untuk tahun-tahun mendatang, kita lebih mengarahkan kuncuran dana APBD sebesar Rp3 miliar untuk maisng-masing desa. Sedangkan untuk masing-masing kecamata Rp5 miliar,"katanya.

Besaran masing-masing dana anggaran tersebut, tambahnyanya, dapat digunakan oleh masing-masing desa dan kecamatan, sesuai peruntukkannya, termasuk dapat digunakan untuk perbaikan jalan, listrik, air dan sebagainya.

"Sebenarnya jika kita hitung-hitung secara keseluruhan dari anggaran yang akan kita salurkan ke desa dan kecamatan tersebut belum seberapa jumlahnya. Namun melalui anggaran itu, kita harapkan dapat lebih meningkatkan semengat serta pertumbuhan pembangunan di masing-masing desa," ungkap Haris.

Disampaikan, pembahasan tentang kuncuran dana tersebut juga akan disampaikan dalam kegiatan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten yang akan  digelar pada 27 Maret ini. "Masih banyak lagi yang akan kita sampaikan dalam musrenbang nanti, dan salah satunya menyangkut kucuran dana dimaksud," ungkap Haris.

Lima Calon Kades Unjuk Visi dan Misi

Disela-sela kunjungan tersebut, Wakil Bupati Abdul Haris melakukan pemantauan perhelatan akbar di desa Nyamuk, yakni pemilihan kepala desa. Dari hasil pantauannya tingkat partisipasi masyarakat dalam hal menggunakan suaranya sangat tinggi serta berjalan dengan sangat aman dan demokrasi.

Dimana dari tiga Tempat pemungutan suara (TPS) yang ada, sekitar 96 persen sudah menggunakn suaranya, sementara sisanya bukan warga setempat (pendatang,red) dan adanya keperluan ke luar pulau.

Selain itu, kesiapan panitia pemilihan terlihat sangat siap. Seperti beberapa peralatan yang ada sudah hampir sama dalam pemungutan suara untuk tingkat Kabupaten, provinsi hingga presiden. Mulai dari kotak suara, tempat pemungutan suara hingga penggunaan tinta untuk jari setelah melakukan pencoblosan di lakukan. Bahkan tahapannya pun sama.

"Pemilihan seperti ini, merupakan pertama kalinya dilakukan didesa kami ini. Sebelumnya (pemilhan 3 kades dulu) di tunjuk langsung," ungkap Darmawi, Anggota KPPS kepada Tribun.

Ia juga mengatakan, pemilihan kali ini ada lima calon kepala desa yang ikut 'bertarung' dimana pejabat lama (incubent) juga ikut serta.


Anda sedang membaca artikel tentang

Weekend Kunjungi Warga di Dua Desa

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/03/weekend-kunjungi-warga-di-dua-desa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Weekend Kunjungi Warga di Dua Desa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Weekend Kunjungi Warga di Dua Desa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger