Program RTLH 2014 Anambas Telah Selesai

Written By Unknown on Senin, 29 April 2013 | 12.41

Tribun Batam - Senin, 29 April 2013 12:05 WIB


Laporan Tribun Batam, Iman Suryanto

TRIBUNBATAM, ANAMBAS

- Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Anambas, Yendi, mengungkapkan ditahun 2014 pihaknya akan melakukan perbaikan dan diasumsikan telah berhasil melakukan program perbaikan ratusan rumah tidak layak huni (RTLH) yang jumlahnya mencapai 800 calon penerima RTLH.

"Jumlah tersebut tersebar di beberapa desa dan kelurahan yang ada di tujuh kecamatan di Kabupaten Kepulauan Anambas. Kenapa kita bilang telah berhasil menyelesaikannya, karena semua program tinggal menunggu pelaksanaannya saja," kata Yendi saat menghubungi Tribun, Minggu(28/4) siang. 

Selanjutnya pihaknya mulai memfokuskan diri dalam hal program pengentasan kemiskinan yang lainnya. Yakni penyediaan air bersih serta pembangkit listrik bertenaga surya dan lainnya di rumah-rumah  tersebut.

"Selain itu ada juga program kita yang masih berkaitan hal tersebut seperti, Penerangan lampu, Pendidikan, dan kesehatan keluarga yang tentunya akan melibatkan berbagai sektor dan instansi terkait didalamnya, guna mewujudkan peningkatan dari tingkat kemiskinan menjadi sejahtera," ungkapnya.

Dan yang terpenting adalah, jelasnya, bagaimana kita mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui peningkatan perekonomian. Salah satunya pembentukan Kelompok Usaha Bersama Ekonomi (KUBE) di masing-masing desa.

"Mendatang kita akan tingkatkan kembali semua ketrampilan hingga pengembangan potensi anggota KUBE itu sendiri yang ada di daerahnya masing-masing. Dan tentunya ada pelatih dan pendampingannya. Kalau tidak ada kita khawatir nanti akan ada kendala kedepannya. Dengan demikian pengucuran bantuan dana nantinya untuk tiap KUBE akan terarah dan tepat sasaran," jelasnya.

Ketika disinggung jumlah bantuan yang akan diberikan,Yendi mengungkapkan setiap KUBE yang terdiri dari 10 orang dari 1 kelompok, nantinya akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp20 Juta.

Sebelumnya, Wakil Gubernur HM Soerya Respationo menegaskan program pengentasan warga dari kemiskinan sengaja dilakukan dengan upaya teratur dan terukur, merupakan tugas pemerintah sebagaimana diperintahkan konstitusi.

"Jika ada kendala, Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dapat segera melakukan inventarisasi masalah. Saya berharap bisa segera dilapori sehingga dapat segera memberikan solusi," katanya.

Pengentasan kemiskinan ini sendiri meliputi tiga program.

Ketiga program itu antara lain adalah program pemenuhan hak-hak dasar masyarakat miskin tertinggal, program rumah tidak layak huni dan  program pembinaan unit usaha penduduk miskin desa tertinggal.

Pada tahun 2008 jumlah penduduk miskin mencapai 268.283 orang atau setara 18,51 persen dari total penduduk, sedangkan pada tahun 2011 jumlah penduduk miskin berkurang menjadi 219.005 atau setara dengan 12,99 persen.

Sedangkan untuk tahun 2013 Pemerintah Provinsi Kepri dan kabupaten/kota berencana memperbaiki 4.299 unit rumah. Pembangunan posyandu, poskes dan pustu totalnya 58 unit.

Jumlah beasiswa SLTA tahun 2013 diharapkan dapat dinikmati oleh 7.867 siswa. Jumlah beasiswa itu paling banyak diberikan kepada siswa-siswi di Kabupaten Lingga.


Anda sedang membaca artikel tentang

Program RTLH 2014 Anambas Telah Selesai

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/04/program-rtlh-2014-anambas-telah-selesai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Program RTLH 2014 Anambas Telah Selesai

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Program RTLH 2014 Anambas Telah Selesai

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger