Atknison Siap Bersaing Dengan Cameron

Written By Unknown on Sabtu, 20 Juli 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Muhammad Ikhsan

BINTAN, TRIBUN - Bintang Triathlon dunia asal Australia, Courtney Atkinson bakal turut serta untuk pertama kali di kejuaraan MetaMan tahun 2013 ini. Pria ini akan bertanding memerebutkan hadiah senilai US 40.000 untuk kategori penuh.

Triathlon jarak jauh MetaMan akan dimulai kembali tahun ini. Even yang biasa digelar di Nirwana Gardens, Lagoi, Bintan itu dipastikan bakal seru dengan kehadiran Atknison

Atkinson merupakan langganan juara dari berbagai race olimpiade Triathlon sepanjang karirnya. Termasuk Triathlon Bintan pada tahun 2006 dan 2007.

Ia akan kembali ke Bintan pada tanggal 31 Agustus 2013 ini dalam debutnya di pertandingan Triathlon jarak jauh, MetaMan. Dia akan bergabung dengan 25 peserta profesional lainnya di garis start pada edisi kedua kali ini.

MetaMan kali ini bakal menjadi upaya pertama Atkinson. Ini akan menjadi kejutan bagi sebagian orang. Ia mengakui bahwa sepanjang karirnya ia tidak pernah mengikuti Triathlon kategori jarak jauh (ironman).

"Jika Anda bertanya kepada saya di awal tahun ini, apakah saya akan berlomba Ironman tahun 2013, saya masih akan mengatakan tidak. Tapi kebetulan saya akan mencoba perlombaan berat di Hawaii, USA, yang panas. Saya berpikir untuk persiapan dengan mencoba Ironman," ujarnya, dalam rilis MetaSport kepada Tribunnews Batam, Kamis (18/7/2013).

Total hadiah sebesar US 154.000 menurutnya bukan satu-satunya faktor menjadikan turnamen ini menjadi persiapannya.

"MetaMan punya banyak hal yang saya cari dalam setiap perlombaan. Saya senang berlomba di Asia dan berupaya mengatasi cuaca panas dengan baik, Ironman menjadi ajang pemanasan bagi saya, tujuan saya sebenarnya pada perlombaan di Hawaii pada tahun depan, jadi saya pikir cuaca panas, medan berat, berenang tanpa wetsuit adalah hal yang bagus untuk persiapan tahun depan," ujar Atkinson.

Daya tarik medan MetaMan menurutnya sangat khas, termasuk pemandangan hutan yang unik. Atkinson mengaku suka suka ide yang dikemas dalam Triathlon MetaMan.

Atkinson akan menghadapi beberapa pesaing ketat, seperti rival senegara David Dellow, Ironman Cairns 2012), Cameron Brown (10 kali juaga Ironman dari Selandia baru), dan Helksworth (Juara Ironman Inggris 2012) serta atlet anyar Triathlon MetaMan, Brett Carter.

Hal ini tak akan menggentarkannya untuk mengejar juara pada debut perdana ini "Saya percaya saya bisa menang, meskipun banyak pesaing hebat. Saya punya keyakinan dengan semua disiplin dan pengalaman untuk jadi juara," kata Atkinson.

Tidak ada menyangkal bahwa perlombaan ini menjadi tantangan baru bagi para atlet. Tak hanya jarak utama berenang 3,8 km, sepeda 180 km dan lari 42,2 km, MetaSport juga telah menambahkan perlombaan lebih pendek ke program tahun ini, yakni Blitz MetaMan.

Jaraknya 1.2 km renang/55 km sepeda/7km lari. Hal ini juga membuat acara lebih mudah diakses oleh anggota keluarga dan teman-teman yang ingin ikut Ironman untuk agenda liburan mereka di cuaca tropis Pulau Bintan, Kepri.

Untuk informasi lebih lanjut tentang MetaMan atau mendaftarkan diri, bisa diakses ke situs www.metamanbintan.com.

Edisi Kedua, Peserta Meningkat

Saat ini jumlah pendaftar untuk MetaMan sudah hampir 500 orang. Penyelanggara menyiapkan hadiah total senilai Rp 1,5 miliar. Jumlah peserta ini meningkat pada edisi pertama tahun lalu yang hanya diikuti 200 atlet.

Wakil Bupati Bintan, Kepri, Khazalik usai rapat teknis kemarin mengatakan, masalah keselamatan pada rute pertandingan yang dilewati menjadi hal penting.

"Pengalaman penyelenggaraan Metaman di Bali harus menjadi catatan penting, di mana peserta Metaman terganggu oleh padatnya lalu lintas. Jangan sampai hal ini terjadi di Bintan. Walaupun jalan di Bintan tidak sepadat di Bali. Aktifitas masyarakat diharapkan tidak berbenturan dalam penggunaan jalan yang dapat menyibukkan rute dan menganggu aktiftas penyelenggaraan Metaman," ujar Khazalik, usai rapat persiapan di Lagoi, Bintan, Kepri.

Ia meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) memastikan jalan Ekang Anculai menuju Busung dapat selesai pengerjaan pelebaran jalannya. Selain itu jalur tersebut juga harus dipastikan tidak ada yang rusak dan berlubang. Begitu juga pasir, kerikil yang berserakan di jalan harus dibersihkan.

Vice Presiden Nirwana Gardens and Resorts, Abdul Wahab mengatakan tahun ini merupakan penyelenggaraan Metaman kedua kalinya. Selain diikuti oleh 500 atlet, perlombaan ini juga diikuti oleh 20 orang atlet profesional.

"Bukan hanya karena hadiah besar. Tetapi penyelenggaraan Metaman d Bintan satu-satunya terbaik dunia. Lebih baik dari Kona, maupun Abudabi. Perbedaannya pada layanan dari penyelenggara, atlet profesional dikawal polisi. Ini hanya ada di Bintan. Masyarakat ramai menonton bersorak memberikan dukungan, memberi semangat dengan tepuk tangan," ungkapnya

Penyelenggaraan MetaMan tahun ini direncanakan akan dimeriahkan artis Denada dan Reza Puspo. Begitu juga salah satu atlet juara Ironman internasional, Caroline Steffen  dari Swiss.

Rapat yang dipimpin Wakil Bupati ini kemarin selain dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Guntur Sakti , Kepala Disparbud Bintan Sutiyoso, Vice Presiden Nirwana Gardens and Resorts Abdul Wahab, GM PT Bintan Resort Cakrawala Albelt Singh, Kabag Ops Polres Bintan S Irawan dan pimpinan SKPD Kabupaten Bintan lainnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Atknison Siap Bersaing Dengan Cameron

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/07/atknison-siap-bersaing-dengan-cameron.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Atknison Siap Bersaing Dengan Cameron

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Atknison Siap Bersaing Dengan Cameron

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger