Ratusan Slop Rokok Nyaris Diselundupkan

Written By Unknown on Minggu, 28 Juli 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Zabur Anjasfianto

BATAM, TRIBUN - Petugas Bea dan Cukai (BC) Batam dan petugas syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) menggagalkan penyeludupan ratusan slop rokok dari dalam kapal MV Mikonatalia 99 tujuan Tanjung Balai Karimun, Sabtu (27/7/2013).

Ratusan slop rokok yang dikemas di dalam kardus, diletakkan di palka atau di dasar dalam kapal. Petugas BC dan syahbandar yang mendapatkan informasi adanya rokok di dalam kapal tersebut, langsung menggeledah satu per satu ruangan. Bahkan keberangkatan penumpang ditunda hingga satu jam.

Setelah puluhan kardus disita dan diamankan pihak BC Batam, salah satu anggota polisi berpakaian dinas lengkap dan mengenakan jaket kuning bertuliskan PJB Polda Kepri, dan tulisan Saripudin di bagian dada sebelah kanan, sempat bersitegang serta adu mulut dengan Bambang Is, petugas BC Batam.

Anggota polisi yang membawa senjata api itu, menyampaikan kepada petugas BC Batam bahwa itu barang miliknya. Namun petugas BC tidak mengindahkan dan ratusan slop rokok itu dibawa ke hanggar BC di PDS.

Anggota polisi itu langsung mengikuti ke mana puluhan kardus yang berisikan rokok itu dibawa. Anggota polisi yang belum diketahui bertugas di mana, langsung masuk ke ruang hanggar BC di PDS.

Dari luar kaca, terlihat baik petugas BC dan anggota polisi itu memertahankan argumentasinya. Tidak lama, ratusan slop rokok itu langsung diangkut menuju Kantor BC Batuampar menggunakan kendaraan dinas Bea Cukai.

Bambang Is, salah satu petugas BC yang memimpin penyitaan ratusan slop rokok itu, enggan berkomentar. Dia mengaku bukan kapasitasnya untuk memberikan penjelasan dan keterangan atas penyitaan ratusan slop rokok tersebut.

"Bukan kapasitas saya memberikan keterangan atau penjelasan. Silakan saja ke Kantor BC Batam di Batuampar. Nanti saja. Tanyakan di kantor, saya tidak berhak," ujarnya singkat usai penangkapan.

Sementara Erik salah satu petugas Syahbandar PDS mengaku informasi adanya ratusan rokok yang akan dibawa ke Tanjungbalai karimun sudah diketahuinya. Begitu juga dengan petugas BC.

Atas informasi itu, pihak BC langsung berkoordinasi dengan dirinya dan meminta keberangkatan MV Mikonatalia ditunda sementara untuk dilakukan pemeriksaan. Setelah dicek satu per satu, ratusan slop rokok itu tersusun rapi di dalam palka dekat kamar mesin.

"Rokok itu ditemukan di dalam palka. Kami menunda dulu keberangkat setelah mendapat informasi adanya rokok di dalam kapal MV Mikonatalia. Untuk penjelasan resmi silakan tanya ke pihak BC Batam," jelas Erik.

Salah satu sumber tribun yang tidak mau ditulis namanya, mengatakan bahwa, ratusan slop rokok yang akan dibawa ke Tanjung Balai Karimun, dimuat, saat kapal sedang isi minyak di SPBB tidak jauh dari PDS.

Rokok tersebut dibawa menggunakan boat pancung dan diletakan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBB). Kemudian saat MV Mikonatalia mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM), ratusan slop rokok itu langsung dimasukkan ke dalam palka kapal.

"Kegiatan ini sudah berlangsung lama. Umumnya yang bermain aparat, jadi jarang tertangkap. Ini karena ada informasi saja yang masuk dari orang dalam," ujar sumber tadi.


Anda sedang membaca artikel tentang

Ratusan Slop Rokok Nyaris Diselundupkan

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/07/ratusan-slop-rokok-nyaris-diselundupkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ratusan Slop Rokok Nyaris Diselundupkan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ratusan Slop Rokok Nyaris Diselundupkan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger