Jepang Kirim Rp 700 Juta Kepada PT SCI

Written By Unknown on Kamis, 15 Agustus 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Anne Maria Silitonga

BATAM, TRIBUN - Ratusan buruh PT Sun Creation Indonesia (SCI) bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, usai melakukan pertemuan dengan General Manager PT SCI, Rudi Haryanto, dapat dipastikan buruh akan segera menerima uang Tunjangan Hari Raya (THR)-nya.

Dana sebesar U$ 70.000 diakui sudah ditransferkan oleh manajemen asal Jepang ke rekening manajemen yang ada di Batam. Hal itu seperti yang diungkapkan oleh Sugeng, Wakil Ketua PUK PT SCI, Selasa (13/8/2013) sore.

Menurut keterangannya, belum dapat dipastikan kapan pencairan dana itu akan dilakukan. Namun keberadaan uang puluhan ribu dolar itu sudah diakui langsung oleh GM PT SCI Rudi Haryanto, dalam pertemuan dengan perwakilan SCI.

"Tujuh puluh ribu US dolar itu cuma mampu membayar setengah atau 50 persen dari total uang THR ratusan buruh PT SCI Batam. Dana THR yang seharusnya diterima oleh buruh sebanyak U$ 140.000," ujar Sugeng tanpa menyebutkan di mana lokasi pertemuan tertutup yang dilakukan kedua belah pihak paska berdatangannya buruh SCI ke rumah Rudi di Citra Indah.

Sugeng menjelaskan, meski manajemen sudah mengirimkan dana U$ 70.000 itu, perusahaan masih memiliki kewajiban melunasi sisa THR buruh.

"Dana yang dikirim sekarang itu kami anggap sementara saja, sebab hanya cukup untuk setengah dari hak masing-masing buruh. Manajemen yang ada di Jepang tetap harus melunasinya," tegas pria itu.

Selain mengejar sisa THR, pria inipun menyatakan buruh akan tetap mengejar hak mereka yakni berupa gaji dan pesangon yang hingga kini belum ada titik terangnya.

Pria beranak dua itu menambahkan, terkait gaji, perusahaan masih memiliki kewajiban membayarkan upah karyawan sebanyak U$ 160.000. Sementara itu, untuk dana pesangonnya sekitar Rp 25 miliar.

"Kalau untuk yang itu (gaji dan pesangon) kami belum tahu lagi kapan akan dicairkan. Pokoknya sampai masalah ini tuntas, kami akan tetap berjuang menuntut hak kami," tegasnya kembali.

Berdasarkan informasi yang ada, pencairan dana THR tersebut rencananya akan langsung ditransferkan ke rekening masing-masing buruh.

Pencairan dana, rencananya mulai dilakukan hari Rabu (hari ini) oleh pihak manajemen. Sebab, pihak manajemen sendiri masih akan melakukan klarifikasi data para buruh penerima THR.

Dana tersebut, kata Sugeng dirasa akan sangat membantu meringankan beban para buruh. Meski begitu, perjuangan untuk mendapatkan hak-hak buruh tetap akan berlanjut, sampai manajemen membayar lunas hak pekerja PT SCI.


Anda sedang membaca artikel tentang

Jepang Kirim Rp 700 Juta Kepada PT SCI

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/08/jepang-kirim-rp-700-juta-kepada-pt-sci.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jepang Kirim Rp 700 Juta Kepada PT SCI

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jepang Kirim Rp 700 Juta Kepada PT SCI

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger