366 Warga Batam Mengidap HIV Positif

Written By Unknown on Sabtu, 14 September 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Hadi Maulana

BATAM, TRIBUN - Kasus penderita HIV/AIDS di Kota Batam terus meningkat. Sejak periode Januari hingga Juli 2013, dilaporkan sebanyak 5.812 orang warga Batam yang melakukan konseling dan tes HIV.

366 positif HIV dan 128 orang AIDS. Hal ini diungkapkan Kornel Balawanga, pengelolah program HIV AIDS Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kantor Wali Kota Batam saat memberikan sosialisasi di PT Proserv, Kamis (12/9/2013).

Namun demikian dari angka tersebut, hanya 182 yang pasien yang mendapatkan terapi obat ARV dan yang meninggal dunia sebanyak 36 orang.

"Bahkan dari data RS Budi Kemulian tahun 2012, penderita HIV/AIDS menurut pekerjaan diketahui angka infeksi HIV paling tinggi terjadi pada pekerja swasta sebanyak 128 kasus," jelas Kornel Balawanga.

Untuk kedua, lanjutnya didominasi ibu rumah tangga dengan total 57 kasus. Lalu WPS/EKS WPS Waria 54 kasus, wiraswasta 29 kasus, buruh 10 kasus, PNS 9 kasus, pelaut 8 kasus, anak di bawah 14 tahun 7 kasus, paramedis 3 kasus, dan pembantu rumah tangga 2 kasus.

"Kegiatan sosialisasi HIV/AIDS ini merupakan kerja sama antara PT Proserv, Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kota Batam, LSM Lintas Nusa, dan implementasi dari keputusan Menteri Tenaga Kerja (Kepmenakerstrans RI No 68 tahun 2004 tentang program pencegahan HIV di tempat kerja," jelasnya.

Selanjutnya, sosialisasi ini dilakukan juga sesuai dengan pasal 2 Kepmenaker No 68 tahun 2004 yang menyebutkan pengusaha wajib melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di tempat kerja.

Sementara itu Sofyan, HSE Manager PT Proserv menyebutkan kegiatan ini merupakan kegiataan safety day PT Proserv. Tidak hanya sosialisasi tentang HIV/AIDS, nantinya akan ada sosialisasi mengenai safety riding.

"Ada pelatihan bagaimana melakukan tindakan pertama dalam penanggulangan bahaya kebakaran," katanya.

Diambilnya sosialisasi HIV/AIDS mengingat banyak pekerja yang dari kaum laki-laki dan seperti diketahui laki-laki berisiko tinggi terinfeksi HIV/AIDS.

"Bahkan 60 persen Batam penyumbang pasien terjangkit HIV/AIDS seperti yang dipaparkan di sosialisasi tadi," jelas Sofyan seraya menambahkan untuk hari ini (Kamis 11/9/2013, red) karyawan diliburkan.


Anda sedang membaca artikel tentang

366 Warga Batam Mengidap HIV Positif

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/09/366-warga-batam-mengidap-hiv-positif.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

366 Warga Batam Mengidap HIV Positif

namun jangan lupa untuk meletakkan link

366 Warga Batam Mengidap HIV Positif

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger