Khasiat Herbal Sidomuncul Diteliti Profesor

Written By Unknown on Senin, 30 September 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Hadi Maulana

BATAM, TRIBUN - PT Sidomuncul bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Perhimpunan Dokter Herbal Medik (PDHMI) menggelar seminar di Swiss Bel Hotel Harbourbay, Batam, Minggu (29/9/2013).

Seminar ini untuk menyosialisasikan penggunaan obat herbal, pengembangannya, dan pemanfaatannya sebagai paradigma baru dalam dunia kesehatan dan akupuntur.

Tidak saja kedua organisasi tersebut, bahkan seminar yang juga melibatkan Persatuan Dokter Spesialis Akupuntur Medik Indonesia (PDAI) dan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) ini membahas hasil penelitian dan perkembangan herbal medik juga perkembangan pengobatan komplementer dan alternatf (CAM).

"Hal ini sengaja Kami lakukan di Batam, mengingat untuk Batam sama sekali belum pernah dilakukan seminar yang bertemakan penerapan Complimentary Alternative Medicine (CAM) Herbal dan Akupuntur Medik dalam pelayanan Kesehatan," kata Irwan Hidayat, Presiden Direktur PT Sidomuncul usai membuka acara Seminar Indonesia di Swiss Bel Hotel Harbourbay, Jodoh, Batam, Minggu (29/9/2013).

Menurutnya, obat herbal sendiri telah digunakan secara empirik oleh masyarakat luas dan dikenal dengan sebutan jamu. Sehingga tidak ada alasan lagi pemerintah, akademisi, dunia usaha, dan masyarakat enggan melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang jamu secara saintifikasi dan penelitian berbasis pelayanan kesehatan.

"Demikian juga dalam bidang pemanfaatan penyembuhan di luar obat konvensional, seperti penemuan manfaat menggunakan pengobatan komplementer dan alternatif juga perlu dikembangkan," ungkapnya.

Seminar yang diikuti 250 peserta yang terdiri dari dokter-dokter umum, dokter spesialis, apoteker, pengembangan kesehatan tradisional dan akupuntur.

Ia mengharapkan, dunia kedokteran dan masyarakat di Indonesia mengerti dan mengetahui lebih dekat hasil penelitian perkembangan mengenai obat herbal itu sendiri.

"Seperti halnya produk Tolak Angin Sidomuncul yang telah mendapatkan sertifikat Obat Herbal Terstandar (OHT) dari Badan POM 2007 lalu, tentunya hal ini memberikan kepastian akan kualitas dan manfaat obar herbal itu sendiri," jelas Irwan Hidayat.

Tak hanya itu, lanjut Irwan, obat herbal produksi Sidomuncul juga tidak menimbulkan ketergantungan meski dipergunakan dalam jangka panjang.
Mengingat hasil uji toksisitas bersama Tim Fakultas Universitas Sanata Dharma, menyebutkan mengkonsumsi Tolak Angin tidak menimbulkan efek samping jika diminum sesuai dosis anjuran.

"Bahkan kami juga melakukan uji khasiat di bawah tim peneliti Prof Dr Edi Dharmana, yang merupakan Imunolog, Peneliti Herbal dan Guru Besar Universitas Diponegoro yang hasilnya menyebutkan khasiatnya sangat luar biasa," ujarnya.

Seminar Nasional yang dilakukan di Batam ini, merupakan kota ke-26 yang dilakukan Sidomuncul dalam menyosialisasikan penggunaan Herbal, setelah sebelumnya beker jasama dengan IDI diwilayah Jakarta, Bogor, Semarang, Ungaran, Banjarmasin, Yogyakarta, Malang, Lampung, Bandung, Pekanbaru, Padang, Palembang, Solo, Bali, Makassar, Surabaya, Jombang, Bandung, dan Medan.

"Usai mengikuti seminar ini, 250 peserta yang terdiri dari dokter-dokter umum, spesialis, apoteker, pengembangan kesehatan tradisional, dan akupuntur akan mendapatkan akreditasi IDI 13 SKP," jelas Irwan Hidayat.

Amatan Tribun Batam di ruang seminar, hadir dalam pembicara, yakni Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen BPIM RI Drs T Bahdar J Hamid.

Selain itu, Direktur Direktorat Bina Pelayanan Kesehatan Tradisional, Alternatif dan Komplementer Direktorat Jendral Bina Gizi dan KIA, Dr Abidinsyah Siregar.

Kemudian hadir juga sebagai pembicara Ketua PDPKT Prof dr Amri Amir. PDHMI, dr Aldrin Neilwan. Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi Prof Dr dr Agus Purwadianto. Serta Prof Dr Edi Dharma dan Dr Sugiarto Puradisastra yang merupakan Imunolog, Peneliti Herbal dan Guru Besar Universitas Diponegoro Semarang.


Anda sedang membaca artikel tentang

Khasiat Herbal Sidomuncul Diteliti Profesor

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/09/khasiat-herbal-sidomuncul-diteliti.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Khasiat Herbal Sidomuncul Diteliti Profesor

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Khasiat Herbal Sidomuncul Diteliti Profesor

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger