Puluhan UKM Ikuti GPD Expo Di Mega Mall

Written By Unknown on Jumat, 29 November 2013 | 12.42

Laporan Tribunnews Batam, Anne Maria Silitonga

BATAM, TRIBUN - Jumlah peserta Gelar Produk Daerah (GPD) Expo 2013 melonjak tajam. Di tahun ketiga penyelenggaraannya, semakin banyak pelaku UKM binaan berbagai kabupaten atau kota yang ikut dalam pameran yang diselenggarakan PT Aira Mitra Media.

Nurhadi, Direktur Utama PT Aira mengatakan saat ini hampir seluruh hall Mega Mal sebagai lokasi penyelenggaraan pameran penuh oleh stand peserta.

"Peningkatan dari tahun ke tahun. Tahun pertama cuma di satu hall, tahun kedua dua hall, dan tahun ketiga ini hampir semua hall. Sekarang 85 stand yang ikut," ujar Nurhadi, Kamis (28/11/2013).

Menurutnya, memang GPD Expo dirancang bukan sebagai tempat pelaku UKM menjajakan produknya saja. Melainkan juga dirancang agar potensi-potensi daerah untuk bisa berinteraksi untuk memperluas kerja sama perdagangannya dan investasinya.

"Jadi lebih mendorong untuk mereka menemukan mitra bisnis, berkepanjangan. Ke depannya, bagaimana agar produk dalam negeri atau produk UKM ini bisa jadi raja di negeri sendiri," ungkapnya.

Menjadi agenda tiap tahun, kegiatan tersebut pun didukung penuh oleh Disperindag Kepri. Menurut Syed Muhammad Taufik, Kadisperindag Provinsi Kepri, dengan kegiatan ini membuka peluang networking bagi pelaku UKM Kepri, serta potensi di Kepri sendiri.

"Kitakan bukan cuma tempat penyelenggara saja. Produk kita juga banyak yang dibawa ke Kalimantan Selatan, Makassar. Tapi gantian juga pelaku UKM yang kita bawa ini keluar," kata Syed Muhammad.

Sejauh ini, secara produk, tidak kalah antara UKM di beberapa negara seperti Malaysia dan Singapura. Namun tak ditampiknya, produk-produk UKM nasional masih kalah dalam hal kemasan.

"Kita bisa belajar. Higienisnya bagus, soalnya itu kita masih merangkak soal kemasan. Disperindag Kepri saat ini punya klinik kemasan sendiri. Sekarang baru ada di Tanjung Pinang, dan itu di gratiskan untuk pelaku UKM baru. Yang masih merintis," jelasnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Puluhan UKM Ikuti GPD Expo Di Mega Mall

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/11/puluhan-ukm-ikuti-gpd-expo-di-mega-mall.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Puluhan UKM Ikuti GPD Expo Di Mega Mall

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Puluhan UKM Ikuti GPD Expo Di Mega Mall

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger