BMKG Hang Nadim Keluarkan Peringatan Dini

Written By Unknown on Selasa, 24 Desember 2013 | 12.41

Laporan Wartawan Tribun Batam, Aprizal

BATAM, TRIBUN - Badan Metereologi Klimatologi dan Giofisika (BMKG) Hang Nadim Batam mengeluarkan peringatan kepada pengguna transportasi laut agar waspada pada saat berlayar.

Pasalnya tinggi gelombang di Kepulauan Riau (Kepri) mencapai 4,5 meter. Bahkan gelombang tinggi bisa terjadi secara tiba-tiba, karena banyaknya pertemuan arus.

Kepala BMKG Hang Nadim, Philip Mustamu melalui prakirawan cuacanya, Agita Devi Prastiwi menjelaskan, tinggi gelombang yang terjadi di Kepri juga didukung dengan kencangnya arus laut.

Seperti yang terjadi diwilayah Anambas dan Natuna. Tinggi gelombang bisa mencapai 2 meter hingga 4,5 meter. Bahkan tinggi gelombang juga disertai dengan kecepatan arus yang mencapai 70 cm per detik dan kecepatan angin utara 5 hingga 35 km per jam.

Sementara tinggi gelombang di wilayah Batam, Bintan, Pinang dan Lingga mencapai 1 meter hingga 2,5 meter dengan kecepatan arus 40 cm per detik. Untuk kecepatan angin 5 hingga km per jam, dan Lingga 5 hingga 25 km per jam.

Sedangkan kecepatan arus laut Bintan dan Tanjung Pinang 70 cm per detik. Wilayah Karimun, tinggi gelombang diperkirakan 0,5 hingga 1,5 meter dengan kecepatan arus laut 15 cm per jam dan kecepatan angin 5 hingga 30 KM

"Cuaca ekstrem yang terjadi di perairan Kepri, karena terjadinya daerah tekanan (low pressure) di perairan Natuna atau di sebelah barat Pulau Kalimantan. Dampak dari daerah tekanan menyebabkan terbentuknya pola belokan angin (shear line) di wilayah Kepulauan Riau yang mendukung dalam pertumbuhan awan," ujar Agita, Senin (23/12/2013).

Kandungan kelembapan udara yang tinggi juga mendukung dalam pertumbuhan awan. Cuaca diperkirakan berawan dan berpeluang hujan ringan yang terkadang disertai petir. Kondisi ini, tambahnya, masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara.

"Masyarakat yang melakukan aktifitas di laut, agar berhati-hati terhadap tinggi gelombang dan arus laut yang cukup kuat di seluruh wilayah perairan Kepulauan Riau," himbaunya.


Anda sedang membaca artikel tentang

BMKG Hang Nadim Keluarkan Peringatan Dini

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/12/bmkg-hang-nadim-keluarkan-peringatan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

BMKG Hang Nadim Keluarkan Peringatan Dini

namun jangan lupa untuk meletakkan link

BMKG Hang Nadim Keluarkan Peringatan Dini

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger