Toko Bangunan Tiban Centre Salahgunakan Lahan Hijau

Written By Unknown on Sabtu, 21 Desember 2013 | 12.41

Laporan Wartawan Tribunnews Batam, Anne Maria Silitonga

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Daerah penyangga (buffer zone) yang dilarang dimanfaatkan ternyata disalahgunakan. Sebuah buffer zone di depan Kompleks Ruko Tiban Centre, disulap menjadi lokasi penimbunan material bangunan toko. Padahal BP Batam jelas-jelas melarang pemanfaatkan buffer zone kecuali untuk taman dan usaha tanaman hias.

Warga Tiban Indah pun protes. Mereka mengeluhkan pemanfaatan buffer zone yang tidak sesuai aturan di lingkungan Komplek Ruko Tiban Centre. Salah satu toko bahan bangunan di ruko tersebut diketahui menggunakan area buffer zone sebagai tempat menaruh material bangunan yang menjadi dagangannya.

Alhasil, perbuatan pemilik toko itu membuat warga kesal. Andi, penghuni perumahan Tiban Indah mempertanyakan apa benar ada aturan yang memperbolehkan penggunaan lahan buffer zone tersebut. "Kalau memang nggak ada aturan yang melaran, atau diperbolehkan, warga lain juga mau mematok lahan di situ. Biar sama-sama adil," ujar Andi.

Tak cuma Andi, kekesalan yang sama pun ikut dirasakan warga Bukit Bertuah. Udin mengatakan, gara-gara itu, buffer zone yang harusnya menjadi kawasan hijau menjadi terlihat berantakan dan kotor. "Lingkungan kami jadi terlihat jorok. Inikan milik bersama-sama, harusnya dijaga bersama. Kalau satu boleh masak yang lain nggak boleh, biar kami buat juga di situ kolam lele sama kebun sawit," ucap Udin kesal.

Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan mengatakan pemanfaatan itu sudah melanggar aturan. Buffer zone hanya untuk penghijauan.  "Nama tokonya apa ? Biar kita kirim surat peringatan. Yah nggak bolehlah. Buffer zone itu paling bisanya cuma dimanfaatkan untuk taman bunga, atau warung bunga. Jadi fungsinya untuk menjaga keindahan jalan kota," kata Ilham.

Meski bisa dipakai untuk taman bunga atau warung bunga, untuk jangka waktu penggunaannya pun tidak bisa selamanya. Namun mengikuti progres pembangunan fasilitas umum ke depannya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Toko Bangunan Tiban Centre Salahgunakan Lahan Hijau

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/12/toko-bangunan-tiban-centre-salahgunakan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Toko Bangunan Tiban Centre Salahgunakan Lahan Hijau

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Toko Bangunan Tiban Centre Salahgunakan Lahan Hijau

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger