Uniba Juara Orasi Ilmiah Mahasiswa

Written By Unknown on Senin, 23 Desember 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Zabur Anjasfianto

BATAM,TRIBUN-Muhammad Lase, mahasiswa dari Universitas Batam (Uniba), keluar sebagai pemenang orasi ilmiah mahasiswa se-Kota Batam, Provinsi Kepri yang diselenggarakan Universitas Riau Kepulauan (Unrika) dari 16 sampai 21 Desember 2013.

Kemudian ditempat kedua diraih Nurhidayatullah mahasiswa dari Unrika dan posisi ketiga diduduki Mas Agung, mahasiswa dari Unrika. Selanjutnya harapan I, diraih oleh Julia, mahasiswa dari Unrika dan Harapan II ditempati Febri, mahasiswa dari Uniba.  

"Allhamdulillah, dengan prestasi ini mudah-mudah bisa bermanfat bagi diri saya sendiri dan umumnya teman-teman mahasiswa yang ada di Batam. Jangan pantang menyerah dan terus berjuang demi kepentingan orangbanyak dan bangsa,"ujar Muhammad Lase pemenang orasi ilmiah mahasiswa, usai menerima hadiah.

Sementara Ketua Panitia lomba orasi ilmiah mahasiswa se-Kota Batam, Firdaus Hamta mengatakan total hadiah yang disiapkan dalam perlombaan tersebut sebesar Rp 6,5 juta.

Menurutnya, kegiatan ini guna menciptakan kultur mahasiswa yang intelektual, kritis, dan peduli terhadap perkembangan pemerintahan di Indonesia, membangun kesadaran mahasiswa tentang pentingnya peran mahasiswa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, meningkatkan wawasan dan intelektual mahasiswa, meningkatkan ketrampilan mahasiswa untuk berbicara di depan publik.

"Tema orasi di bawakan peserta dalam perlombaan itu, tentang korupsi, perburuhan/ketenagakerjaan, ekonomi kerakyatan, konsistensi (pengendalian harga oleh pemerintah), dan good governance," terangnya.

Firdaus menambahkan, kehadiran mahasiswa sebagai perpanjangan aspirasi rakyat sangat dibutuhkan sebagai upaya pemberdayaan kesadaran politik rakyat dan advokasi atas konflik-konflik yang terjadi.

Secara umum, gerakan advokasi yang dilakukan lebih ditujukan pada upaya penguatan posisi tawar rakyat maupun tuntutan-tuntutan atas konflik yang terjadi menjadi lebih signifikan.

Dalam peran dan motivasi gerakan mahasiswa lebih banyak mengacu pada panggilan nurani atas kepeduliannya terhadap lingkungannya serta agar dapat berbuat lebih banyak bagi perbaikan kualitas hidup bangsa.

"Melalui dasar pemikiran ini, Unrika Batam memiliki kepedulian untuk mengembalikan marwah atau jatidiri mahasiswa sebagai Agent of Change dalam sistem pemerintahan untuk menyoroti permasalahan yang ada di negeri ini dengan mengajak mahasiswa berorasi di depan publik dengan menyampaikan aspirasinya. Kegiatan ini dikemas sedemikian rupa dalam konteks intelektual individu secara kompetisi," ujarnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Uniba Juara Orasi Ilmiah Mahasiswa

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/12/uniba-juara-orasi-ilmiah-mahasiswa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Uniba Juara Orasi Ilmiah Mahasiswa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Uniba Juara Orasi Ilmiah Mahasiswa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger