Seribuan Pelajar Batam dan Pinang Bakal Persembahkan Tari Massal

Written By Unknown on Rabu, 26 Februari 2014 | 12.41

Laporan Wartawan Tribunnews Batam, Thomm Limahekin

TANJUNGPINANG, TRIBUN- Acara pembukaan dan penutupan perayaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Nasional XXV di Batam, Kepulauan Riau (Kepri) pada Juni 2014 mendatang akan diwarnai dengan tarian massal.

Sekitar 1000-an pelajar dari Tanjunpinang dan Batam akan dilibatkan dalam aneka tarian massal ini.

Arifin Nasir, Kepala Dinas kebudayaan (Disbud) Kepri mengatakan, tarian pertama yang disuguhkan dalam acara pembukaan berupa tarian persembahan. Tarian ini dipersembahkan untuk penerimaan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono ketika memasuki lokasi MTQ.

"Selain itu, kami juga akan menyuguhkan tarian massal yang melibatkan 550 pelajar. Tarian ini disuguhkan segera setelah tarian persembahan," ungkap Arifin kepada Tribun, Selasa (25/2) sore.

Dia menjelaskan, tarian massal ini mengisahkan peradaban demi peradaban dalam Islam. Tarian tersebut diawali dengan pelukisan tentang suatu masa di zaman Jahilillah, dilanjutkan dengan masa di mana turunnya Al-Qur'an dan diakhiri dengan zaman kejayaan Islam.

"Dari 550 pelajar ini, ada 275 pelajar putra dan 275 pelajar putri. Mereka berasal dari Tanjungpinang dan Batam," rinci Arifin.

Selain tarian persembahan dan tarian massal, ada juga sajian kelompok kompang dari pelajar SLTP dan SLTA dalam acara pembukaan dan penutupan MTQ ini.

Sebanyak 500 pelajar sudah dipersiapkan untuk membawakan musik kompang, dengan seragam lengkap. Sementara pada penutupan acara MTQ, disuguhkan lagi tarian massal yang melibatkan 350 pelajar asal Batam.

"Saat ini kami sedang mendatangkan seragam pemain kompang dan alat-alat kompang terbaik dari Surabaya. Sedangkan seragam para anggota tarian persembahan dan tarian massal, sudah kami buat," tegas Kepala Disbud Kepri itu.

Menurut Arifin, tarian-tarian tersebut sudah mulai dipersiapkan. Latihan persiapan akan semakin dibuat secara bersinambung pada akhir Februari 2014 ini setelah seluruh materi tarian dan kompang dilaporkan kepada Gubernur Kepri HM Sani.


Anda sedang membaca artikel tentang

Seribuan Pelajar Batam dan Pinang Bakal Persembahkan Tari Massal

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/02/seribuan-pelajar-batam-dan-pinang-bakal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Seribuan Pelajar Batam dan Pinang Bakal Persembahkan Tari Massal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Seribuan Pelajar Batam dan Pinang Bakal Persembahkan Tari Massal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger