Baru Pertama Ikut, Zulaikha Kaget Langsung Jadi Juara 1 MTQ

Written By Unknown on Senin, 16 Juni 2014 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Dewi Haryati

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM- Zulaikha (14), kafilah asal Provinsi Kepulauan Riau keluar sebagai peserta terbaik 1 dalam perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional ke XXV cabang tilawah anak-anak putri.

Siswi kelas 1 SMP di Quran Centre, Batam, Kepulauan Riau ini, berhasil memukau dewan hakim lewat lantunan ayat suci Al-Quran yang dibacakannya. Ia meraih total nilai 95,5.

Bagi Zulaikha, MTQ nasional ini merupakan kali pertamanya tampil menyaksikan kebolehan kafilah dari berbagai provinsi di Indonesia. Tak ada harapan muluk-muluk. Ia hanya berusaha menampilkan yang terbaik. Bahkan untuk merebut juara 1, tak terbesit di pikirannya.

"Kirain kemarin dapat juara 2 atau 3," ucap Zulaikha kepada Tribun, Minggu (15/6) saat ditemui di rumahnya di Bengkong Permai.

Ketika Ketua Dewan Hakim MTQ nasional, Said Agil Husin Al-Munawar menyebut namanya sebagai peserta terbaik 1 di golongan tilawah anak-anak putri, ia masih saja setengah percaya dan tidak.

"Kami baru tahu siapa juara-juaranya saat diumumkan di penutupan MTQ kemarin. Sebelumnya waktu final masih nggak tahu," kata putri pasangan Sulaiman dan Maryama ini.

Saat tampil pada final Kamis (12/6) lalu, remaja yang bercita-cita menjadi dokter ini sempat deg-degan. Ia hanya memiliki waktu 30 menit untuk membaca Al-Quran dan melagukannya sebelum nomor urutnya dipanggil panitia.

"Saya peserta final nomor urut 5 membawakan surat Al-A'raf," ujar Zulaikha.

Meski baru pertama kali tampil di ajang MTQ nasional, seni baca Al-Quran, tilawah ini, sebenarnya sudah digeluti Zulaikha sejak masih duduk di bangku sekolah dasar.

Ia pernah meraih juara 3 berturut-turut sejak kelas 2 SD di Kota Batam untuk golongan tartil. Baru di kelas 4 SD Zulaikha meraih juara 3 untuk golongan tilawah anak tingkat Kota Batam.

Prestasinya itu semakin ia tingkatkan ketika duduk di bangku kelas 5 SD. Remaja yang pernah meraih juara 2 siswa berprestasi se-Kota Batam 2011-2012 ini, keluar sebagai juara 1 tingkat Kota Batam golongan tilawah anak-anak.

"Dari kota saya ikut MTQ tingkat provinsi ke-4 di Bintan. Saya dapat juara 2 cabang tilawah anak-anak," kata remaja ini di sela-sela persiapannya balik ke asrama Quran Centre di Sekupang.

Prestasi Zulaikha berlanjut di MTQ provinsi ke-5 di Karimun, Maret 2014 lalu. Ia meraih juara 1 cabang tilawah anak-anak hingga mengantarkannya melaju ke MTQ tingkat nasional.

Ibunya, Maryama, merupakan guru pertama yang mengenalkan Zulaikha dengan huruf-huruf hijayah. Ketika masih berumur 5 tahun, ia sudah lancar membaca Al-Quran.

"Sejak umur dia 3 tahun, kemampuannya memang sudah nampak. Orang yang menilai begitu. Tinggal dibina saja," ucap Maryama.


Anda sedang membaca artikel tentang

Baru Pertama Ikut, Zulaikha Kaget Langsung Jadi Juara 1 MTQ

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/06/baru-pertama-ikut-zulaikha-kaget.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Baru Pertama Ikut, Zulaikha Kaget Langsung Jadi Juara 1 MTQ

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Baru Pertama Ikut, Zulaikha Kaget Langsung Jadi Juara 1 MTQ

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger