Ujian Penerimaan CPNS di Provinsi Kepri Ditunda Lagi

Written By Unknown on Selasa, 26 Agustus 2014 | 12.41

Laporan Wartawan Tribun Batam, Thomas Limahekin

TANJUNGPINANG, TRIBUN - Pendaftaran dan pelaksanaan tes penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di provinsi dan kabupaten atau kota se-Kepri akan ditunda lagi.

Proses pendaftaran dan tes ini baru akan dimulai setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kabupaten/Kota (Pemkab/Pemko) se-Kepri sudah memasukkan jabatan-jabatan pada formasi-formasi yang sudah disetujui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan-RB RI).

"Jadwal pendaftaran dan tes penerimaan CPNS kemungkinan akan diundur lagi. Pokoknya kita akan sesuaikan dengan waktunya. Sesuai jadwal awal, tes akan digelar pada 8 September 2014."

"Namun, dengan adanya kendala ini, maka tes-nya tentu akan ditunda sampai 11 September 2014 nanti," ungkap Abdul Malik, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kepri, Senin (25/8/2014) usai menemani Eko Prasojo, Menteri Pemberdayaaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) dalam acara sosialisasi tes CPNS dengan sistem komputer atau computer assesment test (CAT).

Menurut Malik, saat ini Pemprov Kepri dan beberapa Pemkab/Pemko se-Kepri baru sedang memasukkan jabatan-jabatan pada formasi-formasi yang sudah disetujui Kemenpan-RB tersebut.

Jabatan-jabatan tersebut baru akan dikirim ke Kemenpan-RB dalam waktu 2 - 3 hari mendatang.

"Setelah jabatan-jabatan itu dikirim ke Kemenpan-RB dan disesuaikan dengan formasi-formasi yang ada baru, pendaftaran bisa dibuka. Tetapi pendaftaran tersebut baru bisa dilakukan mulai saat itu sampai dengan 14 setelah jabatan-jabatan disesuaikan dengan formasi-formasi ini."

Sementara, tes CPNS akan dilakukan pada 8 hari setelah akhir masa pendaftaran. Jadi tes penerimaan CPNS-nya digelar sekitar 3 pekan lagi," papar Malik lagi seraya menginformasikan akan memasukkan jabatan-jabatan itu ke Kemenpan-RB pada Rabu (27/8/2014) nanti.

Paparan Malik ini ditegaskan lagi oleh Eko. Wamenpan-RB tersebut menegaskan bahwa saat ini formasi-formasi CPNS di Pemprov Kepri dan Pemkab/Pemko yang membuka penerimaan CPNS sudah ada.

Namun, belum ada penyesuaian antaran jabatan-jabatan tersebut dengan formasi-formasi ini. Makanya kami minta Pemprov dan Pemkab/Pemko segera memasukkan jabatan-jabatan untuk formasi yang sudah ada itu," tegas Ego ketika dimintai tanggapan.

Dia menambahkan, setelah jabatan-jabatan tersebut sudah dikirimkan ke Kemenpan-RB dan disesuaikan dengan formasi-formasi yang ada, alamat website yang berisi informasi seputar penerimaan CPNS di Kepri dengan sendirinya sudah bisa online (aktif) dan bisa dibuka oleh siapa saja.

Aktifnya alamat website tersebut sekaligus menjadi saat awal untuk pembukaan pendaftaran tes CPNS di Kepri dan Kabupupaten/Kota se-Kepri.

"Saat ini baru Kabupaten Lingga sajalah yang sudah memasukkan jabatan-jabatan bagi formasi-formasinya. Kami harap Provinsi dan Kabupaten/Kota lain segera memasukkan jabatan-jabatan bagi formasi-formasi itu."

"Setelah jabatan-jabatan sudah dimasukkan lalu dihubungkan dengan formasi-formasi yang ada, alamat website untuk tes CPNS di Kepri dan Kabupaten/Kota se-Kepri sudah langsung dibuka. Pada saat itu juga, pendaftaran mulai dibuka. Pendaftaran akan berlansung selama 14 hari, mulai terhitung saat itu," terang Wamenpan-RB tersebut.  

Tambahan Formasi

Tambahan formasi yang diajukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang rupanya dikabulkan oleh Kemenpan-RB. Tanjungpinang adalah satu-satunya kabupaten/kota di Kepri yang mendapat penambahan formasi CPNS.

"Pengajuan penambahan formasi  CPNS di kota Tanjungpinang sajalah yang diterima. Pengajuan formasi dari provinsi dan kabupaten/kota lain di Kepri tidak tidak diterima," ungkap Eko Prasojo, Wamenpan-RB, Senin (25/8/2014) kemarin.

Menurut Eko, Pemko Tanjungpinang sudah mengaju sekitar 400-an formasi tambahan setelah 85 formasi terdahulu sudah dikabulkan. Sebagian besar formasi tambahan tersebut akan disetujui oleh Kemenpan-RB.

"Nanti kami akan pertimbangkan lagi pengajuan formasi tambahan itu. Tentu sebagaian besar akan dikabulkan. Karena tahun lalu Tanjungpinang tidak mendapat jatah penerimaan CPNS."

"Kami mengabulkan pengajuan itu setelah Pemko Tanjungpinang memperbaiki anggaran belanja pegawainya. Kami sedang menunggu hasil perbaikan anggaran belanja pegawai itu," terang Eko lagi.

Berbeda dari Pemko Tanjungpinang, penambahan formasi yang diajukan Pemprov Kepri justru tidak dikabulkan Kemenpan-RB. Eko menilai, ada beberapa faktor yang menyebabkan Kemenpan-RB tidak mengabulkan pengajuan tersebut.

Beberapa di antaranya adalah analisis kondisi pegawai yang ada, belanja pegawai, mendapat kuota penerimaan CPNS tahun lalu, proyeksi penerimaan untuk lima tahun kedepan dan lain-lain.

"Kita harus ikuti rumus dengan sistem yang ada. Kalau kita tidak ikuti sistem tersebut maka semuanya itu akan jadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Kita tidak bisa merubah sistem," tegas Wamenpan-RB itu.


Anda sedang membaca artikel tentang

Ujian Penerimaan CPNS di Provinsi Kepri Ditunda Lagi

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/08/ujian-penerimaan-cpns-di-provinsi-kepri.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ujian Penerimaan CPNS di Provinsi Kepri Ditunda Lagi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ujian Penerimaan CPNS di Provinsi Kepri Ditunda Lagi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger