Pemilihan Gubernur Makin Ramai, PKB Merapat ke Rudi

Written By Unknown on Minggu, 07 September 2014 | 12.41

BATAM, TRIBUN - Peta politik pemilihan gubernur menggelindig bak bola liar. Meski kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Riki Syolihin memastikan maju Pilgub, kader PKB lainnya justru menjagokan Rudi yang kini menjabat Wakil Wali Kota Batam.

Di sisi lain, Huzrin Hood juga memastikan bertarung dalam pemilihan gubernur Kepri tahun depan (2015). Di internal Partai Demokrat, Rudi bersaing dengan Wali Kota Batam Ahmad Dahlan.

Partai Demokrat sendiri belum secara resmi mengusung kandidatnya. Dukungan kader PKB seperti disampaikan Wakil Ketua DPC PKB Eka Suharna. Eka memaparkan dirinya beserta kader lain menyatakan dukungannya ke Rudi.

"Pak Rudi maju ke pilgub, kami mendukung sekali. Dulu waktu beliau pencalonan Wakil Wali Kota Batam, kami juga yang mendukung," ujar Eka Suharna usai melakukan pertemuan tertutup dengan Rudi di Kepri Mal, Sabtu (6/9/2014) siang.

Mantan Ketua PAC Batu Ampar itu menyatakan para kader PKB pendukung Rudi akan melakukan upaya kerja sama dengan masyarakat maupun rekan di internal PKB untuk menjadikan Rudi sebagai pimpinan baru di Kepri.

"Jadi kami di sini bukan membawa nama PKB. Tapi kami kader PKB yang dari bawah siap mendukung beliau. Di internal, kami mengharapkan kerja sama juga dengan kader lain untuk melakukan upaya pak Rudi jadi gubernur," katanya.

Menurut Eka Suharna, dari internal PKB sendiri belum ada keputusan final untuk mendukung calon tertentu maju ke Pilgub Kepri. Apalagi, dari internal partai sendiri sudah ada kader yang mendeklarasikan diri maju ke Pilgub.

Untuk pencalonan kader yang maju ke pemilihan, menurut Eka Suharna biasanya melalui proses penjaringan, baik internal dan eksternal.

"Kalau internal biasanya ambil di PAC, baru seleksi di tingkat DPC. Nanti DPW yang menentukan, karena inikan gaweannya provinsi, baru dimajukan ke DPP. Sementara yang eksternalkan belum ada pembicaraan lebih lanjut dengan calon tertentu. Untuk pak Rudi, ini baru pertemuan awal untuk membahas pilgub ini," tutur Eka Suharna.

Sekretaris Partai Demokrat, Rudi yang hadir dalam pertemuan tersebut enggan berkomentar banyak. Menurut Rudi, kedatangannya siang itu hanya sekedar merespon undangan.

"Sayakan hanya diundang, yah saya datang. Soal PKB, saya serahkan ke mereka kalau mau mendukung siapa. Tapi saya berterima kasih, kalau memang mau mendukung saya," ucap Rudi singkat seraya berlalu.

Sedangkan Huzrin memastikan maju sebagai calon gubernur.

"Kalau saya nomor dua mendingan tidak usah ikut pencalonan ini, karena pada tahun 2010 lalu saya juga sudah mau mencalonkan tapi ada hambatan harus lima tahun dulu keluar dari lembaga, dan sekarang sudah pas saya maju kedepannya," sebut Huzrin kepada Tribun di Balai Singgasana Jl Raja Haji Fisabililah Tanjungpinang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Batam Agus Setiawan mengatakan pemilihan gubenur rencananya berlangsung pada Oktober tahun 2015.

"Kalau mengacu pada pilgub tahun lalu itu berlangsung pada bulan Oktober. Dan tahapan akan dimulai enam bulan sebelum hari H pencobolosan, yakni Mei," ujar Agus Setiawan kepada Tribun di Sekupang Batam, Sabtu (6/9/2014) sore.

KPU Batam sedang menunggu UU Pilkada yang masih dibahas DPR. "Nanti kita tunggu hasil RUU pilkada, setelah kita tau hasil RUU Pilkada seperti apa. Kita baru tahu kapan tahapan bisa dimulai. Karena RUU itu acuan kita yang berisi mengenai mekanisme dan peraturan yang berlaku dalam pilkada Kepri tahun depan," jelas Agus. (ane/koe/wfa)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemilihan Gubernur Makin Ramai, PKB Merapat ke Rudi

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/09/pemilihan-gubernur-makin-ramai-pkb.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemilihan Gubernur Makin Ramai, PKB Merapat ke Rudi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemilihan Gubernur Makin Ramai, PKB Merapat ke Rudi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger