Pemkab Karimun Bangun 60 Unit Rumah Khusus Suku Duane

Written By Unknown on Minggu, 21 September 2014 | 12.41

Laporan Wartawan Tribun Batam, Rachta Yahya

KUNDUR, TRIBUN - Program rehabilitasi rumah tak layak huni (RTLH) juga menyisir salah satu suku asli penghuni Pulau Kundur Karimun Kepri, yakni suku Duane. Tidak tanggung-tanggung, suku Duane dibangunkan sebuah komplek perumahan.

Bertempat di Tanjung Batu, Kecamatan Kundur, Sabtu (20/9/2014) sekitar pukul 09.00 WIB, Bupati Karimun, Nurdin Basirun melakukan prosesi peletakan batu pertama perumahan bagi suku Duane tersebut.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Sosial Karimun, perumahan itu direncanakan berisikan sekitar 75 unit rumah. Terdiri dari 30 unit yang anggarannya berasal dari bantuan APBD Provinsi Kepri.

30 unit menggunakan APBD Kabupaten Karimun dan sisanya 15 unit dari Coorporate Social Responsibility atau CSR PT. Tambang Timah unit Operasi Prayun, Kundur.

"Pembangunannya dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama akan dibangun sekitar 60 unit, di mana 15 unit di antaranya sumbangan dari PT. Timah," ujar Indra Gunawan dalam sambutannya.

Sementara itu, Bupati Nurdin Basirun mengaku sangat menyambut positif pengadaan perumahan bagi masyarakat suku Duane tersebut. Kedepannya, Nurdin berharap akan semakin banyak pihak swasta yang ikut berpartisipasi memberantas kemiskinan di daerah ini.

"Biasanya swasta lebih cepat prosesnya, sementara pemerintah birokrasinya agak sedikit rumit, hingga memakan waktu lama, sementara warga butuh cepat," ujar Nurdin.

Nurdin juga berharap dengan didirikannya perumahan bernama Kuale Makmur itu, membantu percepatan masyarakat Kundur untuk semakin maju.

"Kalau bisa untuk pembangunan selanjutnya, kita perbanyak mendirikan musala dan TPQ. Kepada penerima bantuan, saya berpesan agar memanfaatkan peluang ini semaksimal mungkin," pesannya.

Nurdin juga sempat membicarakan Kundur yang memiliki potensi ekonomi dari sektor pertanian. Pasalnya di pulau yang sebentar lagi akan disahkan menjadi kabupaten sendiri terpisah dari Karimun masih banyak lahan tidur.

"Keadaan hasil panennya sangat, sangat banyak jadi diharapkan bersama-sama, masyarakat dan pemerintah bahu-membahu dalam menghidupkan perekonomian pulau Kundur."

"Saya juga berharap dan menginginkan mudah-mudahan kemiskinan bisa tuntas secara permanen. Terakhir, mudah-mudahan apa yang diinginkan oleh masyarakat dan orang banyak akan tercapai kedepannya lebih baik dan juga untuk mencapai masyarakat sejahtera," jelas Nurdin.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemkab Karimun Bangun 60 Unit Rumah Khusus Suku Duane

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/09/pemkab-karimun-bangun-60-unit-rumah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemkab Karimun Bangun 60 Unit Rumah Khusus Suku Duane

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemkab Karimun Bangun 60 Unit Rumah Khusus Suku Duane

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger