Hujan Deras, Gunung Ceruk Natuna Longsor, Rumah Wargapun Terendam

Written By Unknown on Jumat, 26 Desember 2014 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, M Ikhsan
TRIBUNNEWSBATAM.COM, NATUNA - Puluhan rumah warga di Desa Ceruk, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Natuna, terendam banjir, sejak Rabu (24/12/2014).

Intensitas hujan lebat yang terjadi, Rabu (24/12) petang, bahkan merobohkan tiang kayu salah satu rumah warga. Ini menyebabkan atap teras rumah warga tersebut juga tumbang.

Banjir disinyalir dikarenakan adanya longsor di Gunung Ceruk saat hujan deras tersebut. Namun untungnya tanah longsor tersebut hanya menimpa kebun cengkeh warga di kaki gunung dan tidak sampai ke pemukiman warga.

Kepala Desa Ceruk, Ramawi mengatakan tidak ada korban ataupun kerugian materil besar akibat banjir tersebut. Namun lima rumah warga rusak parah akibat terendam air hingga masuk ke dalam rumah menggenangi setinggi lutut orang dewasa.

"Ada sekitar 30-an KK lah di Ceruk Tengah ini, namun banjir rata-rata sampai teras rumah saja. Yang parah terendam sekitar 5 rumah warga," ujar Ramawi, Kamis (25/12).

Menurutnya selama ini Pemda Natuna juga sudah memberikan insentif terkait kegiatan pembersihan aliran sungai di Desa Ceruk. Namun akibat longsor di Gunung Ceruk, air dari atas bukit menjadi mengalir ke pemukiman warga.

"Banjir biasanya ada juga kalau hujan deras, namun tak separah kemarin tingginya," ujar Ramawi lagi.

Ia menyebutkan air mulai naik sekitar pukul 16.30 WIB, namun pada pukul 18.00 WIB, Rabu petang itu air sudah surut kembali.

Bahkan banjir terlihat hampir menutupi dua jembatan kayu pohon kelapa yang dibuat swadaya oleh warga. Derasnya air di sungai tersebut sangat riskan membawa korban, pasalnya air sungai itu pun hampir rata dengan banjir di permukaan.

Ramawi menyebutkan dua jembatan kayu tersebut menurut rencana akan dibantu Pemda Natuna tahun depan melalui dana hibah. Jembatan Sungai Senara dan Jembatan Tok Ibah akan dibangun dengan konstruksi beton.


Anda sedang membaca artikel tentang

Hujan Deras, Gunung Ceruk Natuna Longsor, Rumah Wargapun Terendam

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/12/hujan-deras-gunung-ceruk-natuna-longsor.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hujan Deras, Gunung Ceruk Natuna Longsor, Rumah Wargapun Terendam

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hujan Deras, Gunung Ceruk Natuna Longsor, Rumah Wargapun Terendam

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger