Camat Siantan Tengah Bikin Terobosan Soal Perdes, Ajak Desa Kreatif

Written By Unknown on Senin, 06 April 2015 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam Tyan Mulia Rohman

TRIBUNNEWSBATAM.COM, ANAMBAS - Setiap desa di Kecamatan Siantan Tengah minimal harus membuat tiga Peraturan Desa (Perdes). Herry Fakhrizal Camat Siantan Tengah mengatakan, aturan itu dilakukan agar setiap desa berpikir kreatif untuk kemajuan desanya.

"Saya mulai terapkan seperti itu. Seperti di Desa Air Asuk, ada tiga Perdes tentang sampah, listrik dan air. Begitu juga di Air Nangak. Ada Perdes tentang pariwisata, listrik, serta sampah. Selama ini belum ada Perdesnya," ujarnya, Minggu (5/4/2015) pagi.

Dengan adanya Perdes, selain memiliki landasan hukum, Perdes yang dibuat nantinya juga menghasilkan pendapatan untuk desa yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat desa. Perdes tersebut, nantinya akan disahkan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

"Ada enam desa di Kecamatan Siantan Tengah. Setiap desa itu, ada Perdes tentang sampahnya. Termasuk peraturan yang mengatur tentang pengelolaan sampahnya. Intinya kesadaran masyarakat tentang sampah, serta ada sanksi serta dendanya yang nanti diatur bila melanggar. Termasuk kapal pompong yang ketahuan buang sampah di laut, nantinya distop dan didenda," terangnya.

Tak hanya tentang Perdes, pihaknya bakal melakukan pembinaan terhadap Kepala Desa terkait penganggaran dan pelaksanaan APBDes yang kini dianggarkan oleh Pemerintah pusat. Untuk penyuluhan untuk Kades ini, pihaknya juga merangkul aparat penegak hukum, salah satunya dengan aparat kejaksaan.

Perlunya sarjana muda penggerak desa, menurutnya merupakan hal penting lainnya untuk menerapkan ilmunya sekaligus mendampingi masyarakat desa.

"Kami minta penyuluhan hukum dengan kejaksaan. Saya sudah surati, dan responnya positif. Seluruh desa saat ini kan sudah ada Perdes tentang APBDes. Terkait sarjana penggerak desa juga penting. Saya sudah kirim surat juga ke BKD. Intinya meminta mereka untuk mendampingi masyarakat dan turun langsung ke desa. Saya inginnya seperti itu," terangnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Camat Siantan Tengah Bikin Terobosan Soal Perdes, Ajak Desa Kreatif

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2015/04/camat-siantan-tengah-bikin-terobosan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Camat Siantan Tengah Bikin Terobosan Soal Perdes, Ajak Desa Kreatif

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Camat Siantan Tengah Bikin Terobosan Soal Perdes, Ajak Desa Kreatif

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger